The Use of YouTube Video in Teaching English for Foreign Language at Vocational High School in Gianyar

CAHYANA, AGUS AGUNG CANIS (2021) The Use of YouTube Video in Teaching English for Foreign Language at Vocational High School in Gianyar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081011-COVER.pdf

Download (372kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081011-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081011-LAMPIRAN.pdf

Download (712kB)

Abstract

ABSTRAK Cahyana, Agus Agung Canis (2020). The Use of YouTube Video in Teaching English for Foreign Language in Vocational High School Students in Gianyar. Tesis ini telah dibimbing dan disetujui oleh Pembimbing I Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi, M.A dan Pembimbing II Dr. Putu Suarcaya, S.Pd, M.Sc. Kata kunci: TEFL, Video YouTube, Sekolah Menengah Kejuruan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan video YouTube dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing ditinjau dari penerapannya, pendapat siswa tentang peningkatan keterampilan bahasa Inggris setelah penerapan video YouTube, masalah yang dihadapi guru dan siswa, serta persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris. penggunaan video YouTube dalam belajar bahasa Inggris. Responden yang terlibat adalah 5 guru bahasa Inggris kelas sepuluh dan 35 siswa kelas sepuluh. Penelitian ini menggunakan metode campuran tertanam sebagai desain penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 5 kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup yang dianalisis menggunakan SPSS untuk mengetahui skor rata-rata dan mengkategorikan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memahami bagaimana menerapkan teknik tersebut karena guru menggunakan teknik video YouTube untuk menargetkan beberapa keterampilan dalam bahasa Inggris. Para siswa memiliki pendapat positif tentang peningkatan yang diperoleh dalam pembelajaran bahasa Inggris. Para siswa juga menyebutkan bahwa penerapan teknik ini mampu menurunkan pengajaran yang monoton dan meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris. Namun terdapat beberapa kendala yang terjadi pada saat persiapan proses asesmen dalam penerapan teknik video YouTube seperti koneksi internet dan kesiapan siswa. Para guru perlu mengembangkan teknik untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tersebut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan video YouTube dalam pembelajaran bahasa Inggris berpengaruh positif terhadap penguasaan bahasa Inggris siswa dan membantu guru dalam menyampaikan topik kepada siswa dan hasilnya sejalan dengan temuan penelitian sebelumnya. Namun, terdapat beberapa temuan tambahan dalam penelitian kali ini seperti masalah cara guru menerapkan teknik ini, pendapat siswa dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris, dan persepsi siswa terhadap penerapan teknik video YouTube.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TEFL, YouTube Video, Vocational High School
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Agus Agung Canis Cahyana
Date Deposited: 26 Jul 2021 00:26
Last Modified: 26 Jul 2021 00:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7438

Actions (login required)

View Item View Item