PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN.

Dewi, Ni Wayan Uci Ratna (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061056-COVER.pdf

Download (281kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061056-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
171106106-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berhitung pada siswa disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi anak belajar secara mandiri. Selain itu pembelajaran juga kurang menarik sehingga membuat siswa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model yang digunakan yaitu ADDIE. Subjek pada penelitian ini berjumlah terdiri dari 2 orang ahli materi pelajaran dan 2 orang ahli media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil uji ahli isi mata pelajaran dan hasil uji dari ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 1,00 sehingga mendapatkan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan berupa video animasi layak diterapkan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat memudahkan siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini. Kata kunci: Kemampuan berhitung, video, animasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung, video, animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Wayan Uci Ratna Dewi
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:55
Last Modified: 27 Jul 2021 01:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7509

Actions (login required)

View Item View Item