Mahayu, Nyoman Arieska Candra (2019) First Year Students' Self Directed Learning Readiness of English Language Education. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021202-COVER.pdf Download (513kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021202-ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021202-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021202-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021202-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021202-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021202-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021202-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021202-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kesiapan mahasiswa tahun pertama Pendidikan Bahasa Inggris terhadap pengelolaan diri, kontrol diri, dan keinginan untuk belajar serta tantangan dan solusi terhadap Self-directed learning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran, yaitu desain sekuensial eksplanatif. Populasi dan sampel di penelitian ini adalah 159 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Ganesha. Dua buah instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, sebuah kuesioner dan sebuah panduan wawancara yang dikembangkan berdasarkan tiga dimensi yaitu, pengelolaan diri, kontrol diri, dan keinginan untuk belajar. Kuesioner terdiri dari 27 butir. Hasilnya menunjukkan bahwa 85,01% dari mahasiswa dilaporkan memiliki kesiapan dan sangat siap mengenai pengelolaan diri terhadap self-directed learning, 91,67% dari mahasiswa dilaporkan siap dan sangat siap mengenai kontrol diri terhadap self-directed learning, dan 96,88% dari mahasiswa dilaporkan siap dan sangat siap mengenai keinginan untuk belajar terhadap self-directed learning. Ini menyiratkan bahwa mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kesiapan yang tinggi terhadap self-directed learning akan tetapi siswa memiliki beberapa masalah dalam pengelolaan diri. Berdasarkan hasil dari wawancara, mengelola diri dalam mengelola waktu, mengorganisir, mendisiplinkan, metode dan cara belajar merupakan tantangan yang sebagian besar dihadapi oleh mahasiswa terhadap kesiapan self-directed learning. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan waktu luang dan melakukan diskusi grup serta menggunakan berbagai sumber belajar yang sesuai selain buku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan diri terhadap self-directed learning, kontrol diri terhadap self-directed learning, keinginan untuk belajar pada self-directed learning, dan kesiapan terhadap self-directed learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Nyoman Arieska Candra Mahayu |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 03:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 03:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/751 |
Actions (login required)
View Item |