Rahmanita, Risci Ayu (2021) Developing An Android-Based English Learning Media In Reading For The Eighth-Grade Students In Mtsn Karangasem. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021043 - COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021043 - ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021043 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021043 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021043 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021043 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021043 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021043 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021043 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi media pembelajaran membaca bahasa Inggris berbasis android untuk siswa kelas VIII di MTsN Karangasem. Penelitian ini menggunakan model desain desain dan pengembangan yang dikemukakan oleh Richey dan Klein (2014), yang terdiri dari tiga langkah utama, yaitu; 1) Desain, 2) Pengembangan, 3) Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Karangasem, guru bahasa Inggris di MTsN Karangasem, dan ahli teknologi terintegrasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, dan lembar evaluasi produk. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris kurang dan mereka membutuhkan lebih banyak sumber belajar atau bahan untuk memahami teks bacaan. Selain itu, siswa kelas VIII membutuhkan aplikasi smartphone yang menyediakan bahan bacaan yang dipelajari di kelas untuk mendukung pemberian otonomi belajar selama pandemi Covid-19. Materi pada media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini terbatas pada materi Recount Text. Media pembelajaran dikembangkan dalam format Android Package Kit (APK) yang dirancang menggunakan Microsoft PowerPoint 2010 untuk merancang dan mengembangkan slideshow interaktif, serta didukung oleh aplikasi lain seperti PicsArt dan Canva untuk merancang dan mengembangkan gambar dan tombol. Kemudian, slideshow dikonversi ke APK dengan menggunakan iSpring suite 10 dan Website 2 Apk Builder Pro.4.0. Aplikasi diuji dan dievaluasi oleh 1 guru bahasa Inggris dan 2 ahli teknologi terintegrasi untuk mengetahui kualitasnya. Kualitas aplikasi mendapat skor tinggi dari para ahli yang masuk dalam kategori sangat baik. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi dan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Risci Ayu Rahmanita |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 07:45 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 07:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7552 |
Actions (login required)
View Item |