Murdiana, I Wayan (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Di Gugus 1 Kecamatan Nusa Penida Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031419_COVER.pdf Download (875kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031419_ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031419_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031419_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031419_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031415_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031419_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031419_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031419_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan mind mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Nusa Penida. Sampel diambil dengan cara random sampling melalui teknik undian yang memperoleh hasil kelas V SD Negeri 3 Batununggul sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan mind mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Besarnya thitung adalah 6,767, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,0. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel). Di samping itu, rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran think talk write berbantuan mind mapping adalah sebesar 24,4 lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarakan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 16,5. Dengan demikian, model pembelajaran think talk write berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Nusa Penida Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPA, Think Talk Write, Mind Mapping. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Murdiana |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 17:42 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 17:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7626 |
Actions (login required)
View Item |