Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP

Sandanu, Yohansen (2019) Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513071032-COVER.pdf

Download (897kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513071032-ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513071032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513071032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513071032-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest Posttest nonequivalent control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 3 Sukasada yang berjumlah 152 siswa yang tersebar ke dalam 5 kelas. sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu, siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan siswa kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model Direct Intruction. Data penelitian adalah pemahaman konsep IPA siswa yang dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep IPA dalam bentuk pilihan ganda diperluas sebanyak 25 butir. Data pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perolehan gain score ternormalisasi hasil belajar IPA siswa, sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan independent sample t test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test dengan signifikansi 0,05. Kesimpulan hasil penelitian yaitu, terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP. Perolehan gain score ternormalisasi pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model Contextual Teaching and Learning sebesar 0,58 dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction sebesar 0,34.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Direct Instuction, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: YOHANSEN SANDANU
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:36
Last Modified: 25 Oct 2019 01:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item