Pirdayanti, Ni Putu Ayu (2021) DEVELOPING ENGLISH LEARNING VIDEOS BY USING DISCOVERY BASED LEARNING FOR 4TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021084-COVER.pdf Download (743kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021084-ABSTRAK.pdf Download (433kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (466kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021084-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
DEVELOPING ENGLISH LEARNING VIDEOS BY USING DISCOVERYBASED LEARNING FOR 4TH GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN BULELENG REGENCY Oleh: Ni Putu Ayu Pirdayanti Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan menggunakan salah satu model pembelajaran saintifik yaitu Discovery-based Learning. Video ini ditargetkan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan model Desain dan Pengembangan oleh Richey & Klein (2007) yang dimana memiliki 4 tahapan meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), dan Evaluasi (Evaluation) yang sering disingkat ADDE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan lima jenis instrument yaitu pedoman wawancara, kuesioner, studi dokumen, manuskrip, penilaian guru dan ahli. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa prototype video yang menggunanakan metode Discovery-based Learning. Terdapat dua video dengan dua topik yang berbeda yang dihasilkan pada penelitian ini. Video pertama mengambil topik Perkenalan diri (Self-Introduction) dan video kedua mengambil topik Sekolah 1 (School 1). Terdapat beberapa uji yang dilakukan terhadap video tersebut meliputi uji ahli di bidang akademik, dan uji dari pengguna yaitu penilaian guru dan respon siswa. Berdasarkan pengujian tersebut, kualitas kedua video yang sudah dikembangkan mendapatkan rating sebagai media pembelajaran yang sangat baik untuk pembelajaran Bahasa Inggris kelas 4 di sekolah dasar. Kata-kata kunci: video, discovery-based learning, media, siswa sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video, discovery-based learning, media, siswa sekolah dasar |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Pirdayanti |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 01:52 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 01:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7897 |
Actions (login required)
View Item |