Hubungan Durasi Penggunaan Smartphone dengan Kualitas Tidur dan Motivasi Belajar Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 2 Jembrana

Andarini, Yustia (2021) Hubungan Durasi Penggunaan Smartphone dengan Kualitas Tidur dan Motivasi Belajar Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 2 Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041021-COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041021-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041021-LAMPIRAN.pdf

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) hubungan durasi penggunaan smartphone dengan kualitas tidur siswa, (b) hubungan durasi penggunaan smartphone dengan motivasi belajar siswa, (c) kontribusi kualitas tidur terhadap hasil belajar siswa dan (d) kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket durasi penggunaan smartphone untuk mengetahui durasi penggunaan smartphone siswa. Kuesioner kualitas tidur untuk mengetahui kualitas tidur siswa. Kuesioner motivasi belajar untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Tes hasil belajar berupa 5 soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperolah diuji menggunakan uji pearson (product moment) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara durasi penggunaan smartphone dan kualitas tidur dengan nilai r=0,874 serta nilai p=0,001 dan juga terdapat hubungan yang signifikan antara durasi penggunaan smartphone dan motivasi belajar dengan nilai r=-0,778 serta nilai p=0,001. Kualitas tidur berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sebesar 56,8% dan motivasi belajar berkontribusi secara signifikan dengan nilai sebesar 74,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: (a) terdapat hubungan durasi penggunaan smartphone dengan kualitas tidur, (b) terdapat hubungan durasi penggunaan smartphone dengan motivasi belajar, (c) terdapat kontribusi kualitas tidur terhadap hasil belajar siswa dan (d) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: smartphone, kualitas tidur, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: YUSTIA ANDARINI
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:51
Last Modified: 27 Jul 2021 07:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item