EVALUASI PELAKSANAAN PENGGUNAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH TAHUN ANGGARAN 2020 DENGAN MODEL CIPP (STUDI KASUS PADA SMK NEGERI SE-KOTA DENPASAR)

SUTRISNAWATI, YANTI (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PENGGUNAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH TAHUN ANGGARAN 2020 DENGAN MODEL CIPP (STUDI KASUS PADA SMK NEGERI SE-KOTA DENPASAR). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929031015-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929031015-ABSTRAK.pdf

Download (527kB)
[img] Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
1929031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENILITIAN)
1929031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929031015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (898kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929031015-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama-sama pada context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan penggunaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Tahun Anggaran 2020 pada SMK Negeri se-Kota Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian dengan mempergunakan tehnik sampel jenuh. Data context, input, process dan product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dengan menggunakan skala Likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan penggunaan bantuan operasional sekolah ini, skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas pelaksanaan penggunaan bantuan operasional sekolah ditinjau dari context diperoleh hasil negatif (-), 2) Efektifitas pelaksanaan penggunaan bantuan operasional sekolah ditinjau dari input diperoleh hasil negatif (-), 3) Efektifitas pelaksanaan penggunaan bantuan operasional sekolah ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), 4) Efektifitas pelaksanaan penggunaan bantuan operasional sekolah ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap pelaksanaan penggunaan bantuan operasional sekolah ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil kurang efektif setelah di tentukan arah instrument pada masing-masing komponen CIPP dan di konversikan ke dalam kuadran Glickman (- - + +) berada pada kuadran III , dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan bantuan operasional sekolah adalah 1) Masih terdapat ketidaksesuaian penggunaan BOSDA dengan kebijakan Pemerintah 2) Kurangnya kesiapan dari organisasi pengelola BOSDA. 3) kurang kejelasan dari landasan Hukum Pengunaan BOSDA 4) Kurang handalnya tenaga kependidikan dan pengelola sekolah dalam Penggunaan BOSDA 5) Kurangnnya fasilitas dalam penggunaan BOSDA. Kata kunci: BOSDA; Studi Evaluasi; CIPP.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: BOSDA; Studi Evaluasi; CIPP
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Yanti Sutrisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 05:51
Last Modified: 27 Jul 2021 05:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7964

Actions (login required)

View Item View Item