Prabawa, I Putu Adi Eka (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL BERBANTUAN FEEDBACK VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1416011043-COVER.pdf Download (852kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1416011043-ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1416011043-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB III KAJIAN TEORI)
1416011043-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1416011043-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1416011043-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1416011043-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1416011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1416011043-LAMPIRAN.pdf Download (873kB) |
Abstract
PENGARUH METODE PEMBELAJAARAN RECIPROCAL BERBANTUAN FEEDBACK VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NERGERI 1 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Oleh I Putu Adi Eka Prabawa, NIM 1416011043 Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaaran reciprocal berbantuan feedback visual terhadap hasil belajar lompat jauh. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian adalah seluruh Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi tahun pelajaran 2018/2019, berjumlah 11 kelas dengan populasi 386 orang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII G sebanyak 34 orang sebagai kelompok eksperimen dan VIII H sebanyak 36 orang sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes esay , observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.02 yaitu p < 0,05. Disimpulkan bahwa metode pembelajaaran reciprocal berbantuan feedback visual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dan gaya menggantung di udara. Disarankan kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dapat menerapkan metode pembelajaaran reciprocal berbantuan feedback visual karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci : metode pembelajaran reciprocal, feedback visual, hasil belajar, lompat jauh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran reciprocal, feedback visual, hasil belajar, lompat jauh. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I PT ADI EKA PRABAWA |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 09:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 09:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8019 |
Actions (login required)
View Item |