Nugraha, Putu Angga Wahyu (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1516011073-COVER.pdf Download (999kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1516011073-ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1516011073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (371kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1516011073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1516011073-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1516011073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1516011073-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011073-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1516011073-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan penelitian the randomizedpre test-post test control group the same subject design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undksha Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan jumlah populasi 128 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelomok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, dan tes keterampilan menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata kelompok eksperimen yaitu 0,31 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 0,25. Dari hasil uji t yang diperoleh adalah 0,003, P < 0,05. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passingsepakbola. Dengan demikian disarankan guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena sudah terbukti berpengaruh Positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata-kata kunci:Kooperatif, STAD, hasil belajar, passing sepak bola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci:Kooperatif, STAD, hasil belajar, passing sepak bola. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Putu Angga Wahyu Nugraha |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 05:09 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 05:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8135 |
Actions (login required)
View Item |