Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament Terhadap Pencapaian Kompetensi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri 1 Sukasada

Agustin, Luh Gede Ria Utami (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament Terhadap Pencapaian Kompetensi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri 1 Sukasada. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729091009-COVER.pdf

Download (549kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729091009-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729091009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729091009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729091009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729091009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729091009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729091009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729091009-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan TGT, (2) interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap pencapaian kompetensi belajar IPS, (3) perbedaan pencapaian kompetensi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan TGT pada siswa dengan motivasi berprestasi tinggi, (4) perbedaan pencapaian kompetensi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan TGT pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kuasi eksperimen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi berprestasi dan pencapaian kompetensi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian 2 jalan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dan TGT (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap pencapaian kompetensi belajar IPS, (3) model pembelajaran NHT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi tinggi (4) model pembelajaran TGT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi tinggi sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NHT, TGT, motivasi berprestasi, kompetensi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: LUH GEDE RIA UTAMI AGUSTIN
Date Deposited: 25 Oct 2019 05:41
Last Modified: 25 Oct 2019 05:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item