Susantini, Ni Luh Putu (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TK PRADNYANDARI II. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061047-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061047-ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (595kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061047-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan bahasa Inggris dapat dikembangkan mulai dari anak sejak usia dini terutama dalam pengenalan kosakata, tetapi saat ini masih kurangnya sarana dan prasarana yang digunakan anak untuk belajar kosakata bahasa Inggris. Peneliti mengembangankan suatu media flashcard berbasis multimedia interaktif untuk pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B TK Pradnyandari II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan kelayakan media flashcard berbasis multimedia interaktif. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 3 Anak kelompok B pada uji perorangan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner/angket. Hasil penelitian (1) Rancang bangun media flashcard berbasis multimedia interaktif menggunakan tahap ADDIE yaitu, tahap analysis, tahap design, tahap development, dan tahap evaluate. (2) Hasil Uji kelayakan pengembangan media flashcard berbasis multimedia interaktif : (a) hasil review ahli isi pembelajaran menunjukan sangat baik yaitu (87,5%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran sangat baik yaitu (95%), (c) hasil review ahli media menunjukkan multimedia interaktif sangat baik yaitu (80%), (d) hasil uji perorangan menunjukan multimedia interaktif sangat baik yaitu (92,5%). Hal ini menunjukkan media flashcard berbasis multimedia interaktif layak digunakan untuk pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak. Media flashcard berbasis multimedia interaktif memiliki tampilan yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat anak dalam belajar kosakata bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Inggris, flashcard, multimedia interaktif, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Susantini |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 10:24 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 10:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8231 |
Actions (login required)
View Item |