Sari, Ni Made Indah Kusuma (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL “AYO BELAJAR BUDAYA NUSANTARA” DALAM UPAYA MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS CEMPAKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061020-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061020-ABSTRAK.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (496kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061020-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Masih kurangnya penggunaan media pembelajaran audio visual untuk mengefektifkan proses pembelajaran dalam upaya menstimulus perkembangan bahasa pada anak dan memberikan anak kesempatan untuk mengkreasi pada piranti handphone serta anak masih berpatokan pada hasil karya guru dan temannya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas media pembelajaran audio visual “ayo belajar budaya nusanatara” dalam upaya menstimulasi perkembangan bahasa pada anak kelompok B. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengambilan data dan instrumen pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan kusioner/angket. Hasil validitas dari produk yang dikembangkan yaitu hasil ahli isi materi sebesar 82% tergolong kualifikasi sangat baik, hasil ahli desain media pembelajaran sebesar 95% tergolong kualifikasi sangat baik, hasil ahli media pembelajaran sebesar 85% tergolong kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba perorangan sebesar 90% tergolong kualifikasi sangat baik sehingga media dinyatakan layak dan valid digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran ini memiliki tampilan yang menarik sesuai untuk mengenal budaya nusantara, sehingga mampu membuat anak senang dan memotivasi anak dalan memahami pembelajaran yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | audio visual, budaya nusantara, media pembelajaran, perkembangan bahasa, model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | NI MADE INDAH KUSUMA SARI |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 02:12 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8241 |
Actions (login required)
View Item |