Janureksa, Nyoman Sutrisna (2021) EVALUASI IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN MODEL TINGKAT KEMATANGAN SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK DAN METODE E-GOVQUAL (STUDI KASUS: DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA DENPASAR). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929101036-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929101036-ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929101036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929101036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929101036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929101036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929101036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929101036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929101036-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hingga saat ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar belum pernah mengevaluasi terkait implementasi e-government maupun pengukuran tingkat kepuasan pengguna layanan sistem informasi. Akibatnya belum dapat dievaluasi apakah implementasi e-government telah berperan penting dalam pencapaian tujuan rencana strategis organisasi. Selain itu, khusus untuk Sistem Manajemen Perizinan Terintegrasi Online Kota Denpasar (SEMETON Denpasar) yang merupakan layanan pendukung proses bisnis organisasi, masih banyak anggota masyarakat yang menemui kesulitan dalam pengoperasiannya. Evaluasi yang dilaksanakan adalah evaluasi implementasi e-government pada DPMPTSP Kota Denpasar dari dua sisi. Dari sisi internal organisasi dilakukan dengan evaluasi tingkat kematangan SPBE menggunakan model tingkat kematangan SPBE sesuai PermenPANRB Nomor 59 Tahun 2020. Dari sisi eksternal organisasi (masyarakat) dilakukan evaluasi kepuasan pengguna layanan sistem informasi (SEMETON Denpasar) menggunakan metode e-GovQual, yang meliputi 6 dimensi dengan beberapa atribut yang disesuaikan kondisi sistem informasi. Responden penilaian tingkat kematangan SPBE sebanyak 3 orang berdasarkan hasil identifikasi pejabat yang secara tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan aspek kematangan SPBE yang dinilai. Responden layanan SEMETON Denpasar sebanyak 255 orang dihitung menggunakan rumus Slovin berdasarkan jumlah sampel dari populasi rata-rata permohonan yang masuk setiap bulan. Nilai indeks SPBE DPMPTSP Kota Denpasar adalah sebesar 2,73 dan memperoleh predikat baik serta berada di atas target tingkat kematangan SPBE yang diharapkan (2,6). Skor rata-rata tingkat kepuasan pengguna layanan SEMETON Denpasar adalah sebesar 3,80 dengan kategori puas. Rekomendasi yang dihasilkan terdiri dari 11 rekomendasi implementasi SPBE dan 10 rekomendasi terhadap layanan SEMETON Denpasar. Penelitian selanjutnya yang diharapkan adalah perlu dilakukan evaluasi lanjutan yang difokuskan pada pelaksanaan audit TIK yang merupakan bagian dari pelaksanaan evaluasi SPBE, seperti audit infrastruktur SPBE, audit aplikasi SPBE, ataupun audit keamanan SPBE menggunakan kerangka kerja lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, E-Government, SPBE, E-GovQual |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | NYOMAN SUTRISNA JANUREKSA |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 11:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 11:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8270 |
Actions (login required)
View Item |