Hastuti, Sri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU COPING PADA SISWA SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711011006-COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011006-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011006-LAMPIRAN.pdf Download (957kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan perilaku coping siswa SMA. Adapun model yang dijadikan acuan pada penelitian pengembangan media permainan ular tangga ini adalah model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Media permainan yang telah dibuat merupakan alat bantu bagi guru bimbingan konseling untuk meningkatkan perilaku coping siswa dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling di sekolah. Hasil penelitian (1) Media permainan ular tangga untuk meningkatkan perilaku coping dikatakan valid dengan: (a) hasil penilaian ahli materi yakni Dosen Bimbingan Konseling Universitas pendidikan Ganesha dihitung dalam bentuk deskriptif persentase yang menunjukkan (90,48%) berada pada rentangan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli media yakni Dosen Teknologi Pendidikan Universitas pendidikan Ganesha dihitung dalam bentuk deskriptif persentase yang menunjukkan (91,88%) berada pada rentangan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian oleh dua praktisi BK yakni Guru bimbingan konseling di SMA menunjukkan persentase (94,5%) berada pada rentangan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian media yang dikembangkan yakni media permainan ular tangga untuk meningkatkan perilaku coping telah memenuhi uji keberterimaan. Uji efektivitas media permainan dilaksanakan kepada 20 orang siswa kelas XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Perhitungan yang diperoleh menghasilkan nilai ES = 4,63 menunjukkan dalam kriteria ES tinggi, menghasilkan uji hipotesis yakni media permainan ular tangga ini efektif untuk meningkatkan perilaku coping siswa SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Permainan, Perilaku Coping, Rumus Persentase |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | SRI HASTUTI |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:06 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 01:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8344 |
Actions (login required)
View Item |