PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR TEKNIK RELAKSASI BERBASIS WEBSITE UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMA

Wardani, Nara Wisnu (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR TEKNIK RELAKSASI BERBASIS WEBSITE UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1711011024-COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011024-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011024-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji keberterimaan dan keefektifan konseling cognitive behavior teknik relaksasi berbasis website untuk mereduksi kejenuhan siswa SMA. Studi ini dilakukan berdasarkan prosedur penelitian pengembangan mengikuti model pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974). Subjek penelitian terdiri dari 3 orang praktisi dan ahli yang menilai sistem konseling secara teoretis, juga melibatkan 30 orang siswa sebagai responden uji coba terbatas keefektifan sistem konseling. Data tentang keberterimaan, kemudahan akses, dan kebermanfaatan sistem dan modul konseling diperoleh melalui skala AAF, dan data kejenuhan belajar diperoleh melalui skala MBI-SS. Analisis data terkait keberterimaan sistem konseling atau validitas teoretis berdasarkan penilaian praktisi dan ahli dilakukan menggunakan perhitungan content validity ratio. Analisis stastitik uji t-test untuk menguji efektifitas sistem konseling setelah uji coba terbatas. Tanggapan siswa peserta uji coba terhadap keberterimaan, kemudahan akses dan kebermanfaatan konseling cognitive behavior teknik relaksasi kognitif berbasis website dideskripsikan dan dilakukan analisis presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan panduan konseling cognitive behavior memiliki indeks validitas isi atau CVI sebesar 1 yang berarti sangat baik. Uji efektifitas melalui uji emperik terbatas menunjukkan bahwa nilai t sebesar 28.7, pada p> 0.05 yang menunjukkan bahwa konseling cognitive behavior teknik relaksasi berbasis website efektif mereduksi kejenuhan belajar siswa SMA. Tanggapan siswa terhadap keberterimaan, kemudahan akses dan kebermanfaatan sistem dan panduan konseling dalam kategori baik, dengan indeks rata-rata lebih dari 50% siswa setuju sistem konseling dan modul panduan mudah dipahami dan dilaksanakan, mudah diakses dan bermanfaat. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pengembangan dan inovasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah berbasis website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kejenuhan belajar, model pengembangan 4D, konseling cognitive behavior, teknik relaksasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: NARA WISNU WARDANI
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:23
Last Modified: 13 Oct 2021 03:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8382

Actions (login required)

View Item View Item