ARYANI, DEA PUTU EVA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS V MENGWI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031156-COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031156-ABSTRAK.pdf Download (523kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031156-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031156-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031156-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan Peta konsep dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus V berjumlah 8 kelas yang terdiri dari 277 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas yang terdiri dari 76 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 9886 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 74. Sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan peta konsep dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan kelompok eksperimen yaitu 85,16 dan kelompok kontrol yaitu 74,54. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: student facilitator and explaining, peta konsep, kompetensi pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : student facilitator and explaining, peta konsep, kompetensi pengetahuan IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dea Putu Eva Aryani |
Date Deposited: | 27 Oct 2019 04:46 |
Last Modified: | 27 Oct 2019 04:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/844 |
Actions (login required)
View Item |