Dewi, Anak Agung Ayu Erlita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Unirversitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031142-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031142-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031142-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031142-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031142-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031142-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031142-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031142-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031142-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Question Student Have berbantuan media Audio Visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Rancangan penelitian Eksperimen semu dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara yang berjumlah 503 orang. Sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD No. 1 Kerobokan Kaja dengan jumlah 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 3 Kerobokan Kaja dengan jumlah 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 8,033 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 62 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 8,033 > ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Question Student Have berbantuan media Audio Visual adalah 78,77 sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional adalah 68,86. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Question Student Have berbantuan media Audio Visual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019 Kata Kunci: Question Student Have, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Question Student Have, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Erlita Dewi |
Date Deposited: | 27 Oct 2019 05:00 |
Last Modified: | 27 Oct 2019 05:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/847 |
Actions (login required)
View Item |