Ikhtiari, Annisa (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Pembuatan Hiasan Busana Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615011030-COVER.pdf Download (786kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615011030-ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615011030-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615011030-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615011030-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615011030-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615011030-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615011030-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil pengembangan modul pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik, 2) Kelayakan isi modul pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 2 Singaraja dilihat dari kelayakan materi dan kelayakan media. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) yang dicetuskan oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti yang terdiri dari 3 tahap yaitu: analisis kebutuhan produk, mengembangkan produk awal dan validasi ahli beserta revisi. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini berupa: 1) Modul pembelajaran pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI Tata Busana, 2) Modul yang sangat layak digunakan baik dari segi materi maupun tampilan modul. Kelayakan modul pembelajaran pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 91,6% atau terdapat dalam kategori sangat layak untuk digunakan dan penilaian ahli media sebesar 95,4% atau terdapat dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Ini berarti bahwa modul pembuatan hiasan busana berbasis saintifik untuk siswa kelas XI Tata Busana sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa di SMK Negeri 2 Singaraja. Kata Kunci : Bahan ajar, Saintifik, Modul pembelajaran, Pembuatan hiasan busana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, Saintifik, Modul pembelajaran, Pembuatan hiasan busana. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Annisa Ikhtiari |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8574 |
Actions (login required)
View Item |