PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN YOUTUBE PADA MUATAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2020/2021

Purhita Pebriani, Ni Luh Putu (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN YOUTUBE PADA MUATAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031186-COVER.pdf

Download (512kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031186-ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031186-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031186-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031186-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031186-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031186-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031186-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031186-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar menghasilkan video pembelajaran berbantuan youtube pada muatan IPA materi perubahan wujud benda kelas V SD Tahun ajaran 2020/2021 yang telah teruji validitasnya. Pengembangan media video pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan. Adapun tahapannya yaitu, analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Media video pembelajaran berbantuan youtube dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video pembelajaran berbantuan youtube. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa rating scale 5 dengan lembar penilaian validitas video pembelajaran berbantuan youtube dan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Data validitas media diperoleh dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas media video pembelajaran berbantuan youtube. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata ahli materi yaitu 4,6, ahli media 4,72, respon praktisi 4,66 dan respon siswa 4,61 dengan kualifikasi “ sangat baik”. Dengan demikian, hasil secara keseluruhan validitas media video pembelajaran berbantuan youtube berada pada rentang 4,0<X≤5,0 dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan analisis tersebut, maka media video pembelajaran berbantuan youtube pada muatan IPA materi perubahan wujud benda sudah teruji validitasnya dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, youtube, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH PT PURHITA PEBRIANI
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:32
Last Modified: 18 Oct 2021 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8654

Actions (login required)

View Item View Item