Hadi Wijaya, Sofyan (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER GANJIL PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SDN 4 KAMPUNG BARU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021005-COVER.pdf Download (200kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021005-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021005-PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021005-KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021005-METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021005-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021005-PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video pembelajaran (2) untuk mendeskripsikan kualitas hasil validasi media video pembelajaran. Subjek penelitian yaitu 1 ahli muatan pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan dan 9 orang orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode dari pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) kuesioner/angket. Proses pengembangan media video pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap-tahap diantaranya tahap analisis kebutuhan (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Media video pembelajaran ini valid dengan: (a) hasil ahli isi/materi pelajaran menunjukkan skor 88% (baik). (b) hasil ahli desain pembelajaran menunjukkan skor 92% (sangat baik). (c) hasil dari ahli media pembelajaran menunjukkan skor 85% (baik). (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan skor 97,14% (sangat baik) dan (e) hasil dari uji coba kelompok kecil menunjukkan skor 99,04% (sangat baik). Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba perorangan dan kelompok kecil diatas, media video pembelajaran “Selalu Berhemat Energi” diharapkan dapat meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media video pembelajaran, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | SOFYAN HADI WIJAYA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 03:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8702 |
Actions (login required)
View Item |