Kontribusi Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019

Putri, Ni Kadek Ayu Apriliana (2019) Kontribusi Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511031030-COVER.pdf

Download (887kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511031030-ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511031030-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan desain penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar Selatan yang berjumlah 331 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan jumlah sampel dari populasi adalah 172 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner tentang konsep diri dan pola asuh orang tua, sedangkan data mengenai kompetensi pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskesdatisitas. Analisis statistika yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Analisis regresi berganda diperoleh persamaan Ŷ = 56,653 +0,118X1 + 0,143X2 signifikan antara konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS dan kontribusi sebesar 3,9%. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya konsep diri dan pola asuh orang tua yang mempengaruhi kompetensi pengetahuan IPS, melainkan terdapat faktor dalam maupun faktor luar yang tidak diteliti sebesar 96,1%. Jadi, konsep diri dan pola asuh orang tua berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus V Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, pola asuh orang tua, kompetensi pengetahuan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ayu Apriliana Putri
Date Deposited: 27 Oct 2019 11:42
Last Modified: 27 Oct 2019 11:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item