META-ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Kristya, Komang Ming (2021) META-ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031359-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031359-ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031359-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031359-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031359-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031359-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031359-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031359-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031359-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di SD. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode meta-analisis. Sampel dalam penelitian berupa artikel yang telah dipublikasikan secara nasional khususnya pada jenjang SD di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi sumber sekunder berupa artikel yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik yang digunakan adalah analisis besar atau effect size. Hasil yang didapat bervariasi mulai dari yang terkecil, yaitu 0,28; sedang, yaitu 0,64 dan 0,73; dan besar yaitu, 1,08. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SD. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dituliskan implikasi pendekatan saintifik terhadap hasil Bahasa Indonesia siswa SD adalah sangat penting untuk mempersiapkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: meta analisis, pendekatan saintifik, bahasa indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Ming Kristya
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:45
Last Modified: 19 Oct 2021 07:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item