PENGEMBANGAN BUKU MEDIA FUN THINKERS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 KELUARGAKU KELAS I SEKOLAH DASAR

Astrayani, Ni Kadek Liana (2021) PENGEMBANGAN BUKU MEDIA FUN THINKERS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 KELUARGAKU KELAS I SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031168-COVER.pdf

Download (819kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031168-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031168-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031168-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031168-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031168-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031168-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031168-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031168-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan guna menghasilkan media fun thinkers untuk siswa SD kelas I pada tema 4 keluargaku yang teruji validitasnya serta mengetahui respon guru dan siswa. Model pada pengembangan media fun thinkers mempergunakan model ADDIE yang dalam pelaksanaannya terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian. Tetapi, karena kendala waktu, finansial, dan sumber daya, tahap pelaksanaan dan penilaian tidak bisa dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah buku media fun thinkers pada tema 4 keluargaku di kelas I sekolah dasar. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari buku media fun thinkers pada tema 4 keluargaku di kelas I sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang diterapkan berupa kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data dari ahli, guru dan siswa. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas dengan menggunakan rumus mean yang dikonversikan dalam tabel kriteria penilaian validitasdan uji reliabilitas dicari menggunakan rumus percentage of agreement. Untuk respon praktisi dan siswa dicari menggunakan rumus deskriptif presentase. Nilai hasil uji validitas dari ahli materi mendapatkan hasil 4,92 dengan kualifikasi sangat valid dengan persentase 99% dengan kualifikasi reliabel. Hasil uji validitas ahli media mendapatkan hasil 4,82 dengan kualifikasi sangat valid dengan persentase 99% dengan kualifikasi reliabel. Hasil respon praktisi memperoleh hasil 92,5% dengan kondisi sangat baik. Hasil respon siswa mendapatkan hasil 97,8% dengan kondisi sangat baik. Berkaitan dengan pemaparan di atas, bahwa media fun thinkers yang dihasilkan cocok untuk dipergunakan pada sistem pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media fun thinkers, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK LIANA ASTRAYANI
Date Deposited: 20 Oct 2021 17:22
Last Modified: 20 Oct 2021 17:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item