PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA TEMA 9 SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

NALASARI, KADEK ANGGI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA TEMA 9 SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041018-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041018-ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041018-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas expert, validitas empirik, dan kepraktisan dari Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun, pada penelitian ini tahap implementation dan evaluation tidak dapat dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu. Subjek pada penelitian ini adalah 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli desain pembelajaran, 2 ahli media pembelajaran, 2 ahli kepraktisan, 10 guru kelas IV dan 66 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi produk ahli, angket respon guru, dan angket respon siswa. Penelitian ini melaksanakan uji validitas expert dengan menggunakan teknik analisis mengacu pada formula Robert Gregory, uji validitas empirik dan uji kepraktisan dengan menggunakan nilai mean observasi yang dibandingkan dalam tabel kategori PAIT. Berdasarkan analisis data tersebut, penelitian ini memperoleh hasil uji validitas expert produk berupa bahan ajar berbasis web dengan seluruh instrumen mendapatkan nilai 1,0 pada kategori sangat tinggi, penilaian produk ahli materi mendapatkan rerata persentase 96,57%, penilaian produk ahli desain mendapatkan rerata persentase 94%, dan penilaian produk ahli media mendapatkan rerata persentase 98% serta semua memenuhi kategori sangat baik, sehingga dapat dikatakan valid. Kemudian, hasil uji validitas empirik berupa bahan ajar berbasis web diperoleh dari seluruh pernyataan pada angket respon guru memiliki nilai rhitung lebih besar dari rtabel serta mean observasi memperoleh nilai 308,8 pada kategori memenuhi kategori sangat baik, sehingga dapat dikatakan valid. Lebih lanjut, terdapat hasil uji kepraktisan diperoleh dari perhitungan mean observasi dari hasil angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 170,95 dengan nilai berada pada kategori sangat baik dan tergolong praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat simpulan bahwa bahan ajar berbasis Web Google Sites pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar berada pada kategori sangat baik, sehingga tergolong valid dan praktis untuk diintergrasikan dalam pembelajaran oleh guru maupun siswa serta dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar berbasis web, google sites, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: KADEK ANGGI NALASARI
Date Deposited: 21 Oct 2021 13:46
Last Modified: 21 Oct 2021 13:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9226

Actions (login required)

View Item View Item