Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Gugus III Tambora Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana

Pramita, Risa (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Gugus III Tambora Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1411031011-COVER.pdf.pdf

Download (407kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1411031011-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031011-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (37kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1411031011-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Kurangnya pemanfaatan media dan model-model pembelajaran membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan nantinya akan membuat hasil belajar siswa menurun. Oleh sebab itu, perlunya suatu penerapan model yang dapat mengatasi permalasahan tersebut contohnya adalah penerapan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audio visual. Adapun tujuan yang dicapai yakni mengukur pengaruh yang signifikan terhadap prose belajar peserta didik. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian ini adalah 115 siswa. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan sampel 2 kelas, eksperimen dan kontrol yang terdiri atas 43 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Selanjutnya, data akan dianalisis menggunakan statik deskriftif serta inferensial dengsn ujit. Uji t yang dianalisis memeroleh nilai t (41) >t (4,07). Sehingga penerapan pembelajaran yang terbagi menjadi 2 kelompok yakni, menggunakan model pembelajaran yang ditawarkan dengan konvensional menimbulkan pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa. Implikasi dari penggunaan model ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah membuat siswa menjadi lebih aktif dan mendapat pengalaman membangun sendiri pengetahuannya. Kata kunci: Hasil belajar, Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Risa Pramita Dewi
Date Deposited: 22 Oct 2021 00:27
Last Modified: 22 Oct 2021 00:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9257

Actions (login required)

View Item View Item