English Teachers' Roles On Mobile-Assisted Language Learning-Based Strategies During Emergency Remote Teaching IN 11th Grade Of SMK Negeri 1 Denpasar

Rasmiani, Desak Made Sutra (2022) English Teachers' Roles On Mobile-Assisted Language Learning-Based Strategies During Emergency Remote Teaching IN 11th Grade Of SMK Negeri 1 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021233-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021233-ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (409kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021233-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021233-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021233-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan permasalahan yang ditemukan saat menggunakan strategi berbasis MALL di SMK Negeri 1 Denpasar pada saat Emergency Remote Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian mixed-method design, dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Respondennya adalah 8 guru bahasa Inggris. Ada tiga instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil validitas menunjukkan 1,00 dan hasil reliabilitas menunjukkan .874. Data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dan data kualitatif menggunakan analisis model interaktif. Hasil angket mengacu pada Sangat Benar Saya dan Benar Saya, sedangkan hasil observasi mengidentifikasi bahwa 7 dari 8 guru telah mempraktikkan peran ini. Pada sesi wawancara masalah yang ditemukan 1) fasilitator, tidak semua siswa dapat menjawab dengan baik dalam kuis, 2) pengembang sumber, banyak siswa yang menganggap bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit, 3) konselor, banyak siswa yang tidak mengikuti kelas online, 4) pengelola/penyelenggara, kurang motivasi dalam belajar, 5) partisipan, guru tidak ikut berdiskusi dan 6) controller, belum mampu mengontrol seluruh aktivitas siswa dalam menggunakan MALL. Sangat disarankan untuk mengadakan lokakarya yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam pengembangan profesional. Sejalan dengan itu, guru seharusnya mengetahui perannya secara komprehensif untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran selama pengajaran jarak jauh ini bahkan dalam situasi pandemi. Selanjutnya, pengajaran dengan teknologi dapat diterapkan secara terus menerus untuk pembelajaran di masa depan, baik untuk pembelajaran penuh atau sebagai pembelajaran campuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, MALL, Pengajaran jarak jauh darurat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Desak Made Sutra Rasmiani
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:57
Last Modified: 17 Jan 2022 02:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9428

Actions (login required)

View Item View Item