Aini, Nia Nur (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Termokimia SMA/MA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713031002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713031002-ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (823kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (701kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713031002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lembar Kerja Siswa (LKS) yang beredar selama ini hanya berisikan uraian materi secara singkat, dan latihan soal. Selain itu, LKS yang beredaran dipasaran hanya dapat digunakan secara luring, dan tidak memberikan alternatif untuk dapat digunakan secara daring. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan LKS yang digunakan secara daring dan menarik minat siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan termokimia SMA/MA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD). Model pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk LKS yang dikembangkan dinilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Rata-rata hasil validasi ahli materi adalah 3,5 dengan kategori “sangat valid”, ahli media adalah 3,2 dengan kategori “valid”, dan ahli bahasa adalah 3,8 kategori “sangat valid”. Hasil kepraktisan LKS dapat dinilai dari respon siswa yang didiperoleh skor 3,6 dengan kategori “sangat praktis”, dan hasil respon guru diperoleh skor 3,5 dengan kategori “sangat praktis”. Dari segi keefektifan, LKS termokimia berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan. Hal ini terlihat dari hasil persentase nilai siswa yang telah memenuhi kriteria kelulusan minimal (KKM) yaitu 84,84%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, termokimia, validitas, kepraktisan, keefektifan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Nia Nur Aini |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:37 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9441 |
Actions (login required)
View Item |