POLA ADAPTASI PEMBELAJARAN DI PKBM LESTARI DESA SUMBERKIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN

Ariastana, Wayan (2022) POLA ADAPTASI PEMBELAJARAN DI PKBM LESTARI DESA SUMBERKIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1814091009-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1814091009-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814091009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814091009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814091009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814091009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1814091009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1814091009-LAMPIRAN.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajara PKBM Lestari Desa Sumberkima pada Masa Pandemi Covid-19 beserta kendala-kendala yang dialami dalam proses pembelajaran dan upaya mengatasi kendala yang dialami di dalam proses pembelajaran. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teori pembelajaran, adaptasi sosial, dan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan objek penelitian pembelajaran PKBM Lestari di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk pengembangan validitas data yang didapat, peneliti menggunakan metode triangulasi data dengan menggabungkan teknik megumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun hasil penelitian ini adalah berdasarkan Surat Edaran Mentri Pendidikan dan Kebudyaan pada laman resmi Kemendikbud dengan nomor surat: 36962/MPK.A/HK/2020 yang berisi tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19, PKBM Lestari mengikuti surat edaran tersebut dengan melaksanakan sistem pembelajaran daring. Di dalam penerapannya ada beberapa kendala yang dialami diantaranya peserta didik yang tidak memiliki handphone, terkendala kouta data internet, adanya peserta didik yang sudah bekerja, dan kurang menguasai dalam menggunakan teknologi. Berdasarkan kendala tersebut, adapun solusi yang ditawarkan diantaranya pengajuan kouta data internet, belajar kelompok, Ujian Pendidikan Kesetaraan dilaksanakan secara tatap muka, serta pengambilan dan pengumpulan tugas bisa langsung ke Kantor PKBM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan nonformal, PKBM Lestari, Pembelajaran daring
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Wayan Ariastana
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:06
Last Modified: 08 Feb 2022 08:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9591

Actions (login required)

View Item View Item