PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INDONESIA DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 SELEMADEG

Aulia, Amanda Riski (2022) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INDONESIA DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 SELEMADEG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011029-ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011029-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran interaktif bahasa Indonesia di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Selemadeg, dan (2) Kendala dalam Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Interaktif bahasa Indonesia di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Selemadeg. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Selemadeg dengan populasi 27 orang dan objek dalam penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran interaktif bahasa Indonesia di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Selemadeg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikas TikTok sebagai media pembelajaran interaktif bahasa Indonesia kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Selemadeg dapat dikatakan baik, karena mendapatkan respons positif dari siswa. Penggunaan TikTok dan metode yang sesuai dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan inovatif. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi TikTok yaitu kurangnya keterampilan dalam menggunakan aplikasi TikTok, kurangnya kesiapan siswa dan guru dalam membuat media pembelajaran, serta paket data internet yang juga sangat berpengaruh dalam pembuatan media tersebut, karena jika paket data internet tidak memumpuni maka pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi TikTok akan menguras waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interkatif, TikTok, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Amanda Riski Aulia
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:14
Last Modified: 14 Feb 2022 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9744

Actions (login required)

View Item View Item