Agastia, Komang Agus (2022) PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENGANTAR ASUHAN KEBIDANAN MATERI MEKANISME PERSALINAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051059-COVER.pdf Download (951kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051059-ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1715051059-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051059-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Mekanisme Persalinan mata kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan, serta mendeskripsikan respon pendidik dan peserta didik terhadap konten interaktif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan MDLC yang terdiri dari 6 tahap (Pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, distribusi). Penelitian ini melibatkan 21 orang Mahasiswi Diploma III Jurusan Kebidanan Universitas Pendidikan Ganesha yang berada pada semester genap pada mata kuliah Pengantar Kebidanan dan 2 orang pendidik yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Pengantar Kebidanan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Mekanisme Persalinan mata kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan (1) pada uji ahli Isi Materi Pembelajaran dan ahli Media dan desain memperoleh tingkat validitas sebesar 1,00 yang berarti sangat valid, pada uji coba perorangan dan uji lapangan mencapai kriteria valid, pada uji coba kelompok mencapai kriteria sangat valid, dan Pada uji efektivitas dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,85 dengan kriteria valid; (2) Pada uji respon pendidik dengan rata-rata 43 dan peserta didik dengan rata-rata sebesar 61,5, mencapai kategori sangat positif dan kriteria sangat praktis. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa konten interaktif berbasis problem based learning pada materi Mekanisme Persalinan mata kuliah Pengantar Asuhan Kebidanan telah memenuhi kriteria ideal sebuah produk dilihat dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Interaktif, Mekanisme Persalinan, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RT Nursing T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | KOMANG AGUS AGASTIA |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 05:58 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 05:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9815 |
Actions (login required)
View Item |