Wicaksana, I Putu Gde Caesar Renddy (2022) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TENTANG PERJUANGAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1411021003-COVER.pdf Download (578kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1411021003-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1411021003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1411021003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 5 Kampung baru adalah kurangnya minat belajar siswa pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan rata-rata hasil pretest minat belajar siswa 26,17 dari nilai maksimal yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media e-komik dengan model ADDIE untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang perjuangan persiapan kemerdekaan indonesia di kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru, (2) Untuk mendeskripsikan hasil validasi pengembangan media e-komik dengan model ADDIE untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang perjuangan persiapan kemerdekaan indonesia di kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru, (3) Untuk mengetahui efektifitas media e-komik dengan model ADDIE untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang perjuangan persiapan kemerdekaan indonesia di kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial / induktif uji-t dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Validitas media telah diuji coba kepada ahli desain pembelajaran, media pembelajaran, uji coba perorangan, kelompok kecil dan uji coba lapangan Untuk hasil validitas pengembangan media e-komik untuk ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan secara berurutan yaitu 95,83%, 92,75%, 95%, 93,05%, dan 91,30%. Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan teknik statistik inferensial (uji-t) mendapatkan hasil rata-rata pretest (26,17) < hasil rata-rata posttest (63,96). Setelah dilakukan perhitungan secara manual dengan menggunakan uji-t didapatkan hasil yang menunjukkan thitung (51,49) > dari ttabel (2,45) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya Terdapat efektivitas dalam pemanfaatan E-komik Model ADDIE Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia kelas V di SD Negeri 5 Kampung Baru tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-komik, minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Putu Gde Caesar Renddy Wicaksana |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 00:47 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 00:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9831 |
Actions (login required)
View Item |