Dewi, Luh Hendra Kusuma (2022) Evaluasi Pelaksanaan Sistem E-rapor pada SMA Negeri di Kota Singaraja. Tesis, Administrasi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029031002-COVER.pdf Download (240kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029031002-ABSTRAK.pdf Download (43kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029031002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara terpisah maupun bersama-sama komponen context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan sistem E-rapor pada SMA Negeri di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan model CIPP. Jumlah populasi penelitian sebanyak 200 orang terdiri dari keseluruhan guru di tiga SMA Negeri yang ada di kota Singaraja yaitu guru SMAN 1 Singaraja, SMAN 2 Singaraja, dan SMAN 3 Singaraja. Sampel penelitian berjumlah 172 guru. Data pada setiap variabel dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang mengacu pada skala likert 1-5. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Efektivitas pelaksanaan sistem E-rapor ditentukan dengan skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor kemudian ke T-Skor serta diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Hasil pengolahan data menunjukkan 1) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+); 2) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+); 3) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+); 4) Efektifitas penerapan sistem E-rapor ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+); 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penerapan sistem E-rapor ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil sangat efektif (+ + + +). Kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan sistem E-rapor telah dicarikan alternatif solusinya yang meliputi pengelola program yang masih berstatus kontrak, struktur organisasi, keterbatasan kemampuan pendidik, respon peserta didik, dana yang digunakan masih minim, dan pensosialisasian pedoman program E-rapor
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem E-rapor; Studi Evaluasi; CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Luh Hendra Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:12 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9885 |
Actions (login required)
View Item |