Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Inquiri pada Muatan Pembelajaran IPA Tema 7 Kelas V SD

Wahyuni, Ni Kadek Dwi (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Inquiri pada Muatan Pembelajaran IPA Tema 7 Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031188-COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031188-ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031188-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031188-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031188-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031188-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031188-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031188-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prototype pengembangan perangkat pembelajaran dan menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang menggunakan model Inquiri pada tema 7 kelas V SD muatan pembelajaran IPA yang valid. Pada penelitian pengembangan ini dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran berupa : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan (2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian pengembangan ini berpedoman pada prosedur ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu (1) analisis (Analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Subjek dari penelitian pengembangan ini yaitu 2 orang untuk ahli materi, 2 orang untuk ahli media dan desain, 2 orang untuk ahli praktisi, 4 orang siswa untuk uji coba perorangan, dan 5 orang untuk uji coba kelompok kecil. Objek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKPD berbasis model Inquiri. Metode pengumpulan data dari penelitian pengembangan ini yaitu metode kuisioner dan instrumen yang digunakan berupa rating scale dengan menggunakan sekala 5. Hasil penelitian pengembangan ini dianalisis menggunakan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor dari data yang diperoleh. Skor validasi perangkat pembelajaran berupa RPP ahli materi = 4,59, perangkat pembelajaran berupa LKPD berdasarkan ahli materi = 4,49, perangkat pembelajaran berupa LKPD berdasarkan ahli media = 4,21, perangkat pembelajaran berupa LKPD berdasarkan ahli desain = 4,63, perangkat pembelajaran berupa LKPD berdasarkan uji perorangan = 4,69, perangkat pembelajaran berupa LKPD berdasarkan uji kelompok kecil = 4,77 dengan kualifikasi keseluruhan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan yaitu “sangat baik”. Sehingga dari hasil analisis perangkat pembelajaran berbasis model Inquiri yang melalui uji coba dari beberapa ahli dapat dinyatakan Valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiri, Perangkat pembelajaran, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Wahyuni
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:25
Last Modified: 16 Feb 2022 07:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9888

Actions (login required)

View Item View Item