Saputra, I Nyoman Gunawan (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SHAKAI GENGOGAKU TOPIK I: VARIASI BAHASA DI JEPANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712061020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712061020-ABSTRAK.pdf Download (444kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712061020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712061020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712061020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712061020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712061020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712061020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712061020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan video pembelajaran pada mata kuliah shakai gengogaku, khususnya materi topik I: Variasi bahasa di Jepang, di program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) (2) Menganalisis tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang diperkenalkan oleh Luther, dan dimodifikasi oleh Binanto (2010). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) 2 buah video pembelajaran yang sesuai dengan kriteria video pembelajaran yang baik yang dikemukakan oleh Buchner, yaitu berdurasi kurang dari 6 menit, disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, bisa menjadi pengantar dalam memahami materi, serta dikemas dengan menarik sehingga bisa meningkatkan minat belajar mahasiswa. (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli media, video pembelajaran mendapat rata-rata penilaian sebesar 58,5. Pada penilaian oleh ahli materi, video pembelajaran mendapat rata-rata penilaian sebesar 54,5. Sementara pada penilaian oleh 6 orang mahasiswa, video pembelajaran mendapat rata-rata penilaian sebesar 63,1. Hasil penilaian pada masing-masing tahap uji coba menyatakan bahwa video yang dikembangkan sangat layak digunakan pada mata kuliah shakai gengogaku di program studi pendidikan bahasa Jepang UNDIKSHA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian pengembangan, video pembelajaran, shakai gengogaku, MDLC |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Gunawan Saputra |
Date Deposited: | 19 Feb 2022 23:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 23:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9920 |
Actions (login required)
View Item |