Arista, Kadek Dwi (2022) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Fenomena Berbantuan E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1823071002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823071002-ABSTRAK.pdf Download (719kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071002-BAB 1 PENDAHULIAN.pdf Download (658kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1823071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1823071002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (569kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1823071002-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
ABSTRAK Arista, Kadek Dwi. 2022. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Fenomena Berbantuan E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ketut Suma,M.S. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis fenomena, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis fenomena berbantuan E-Learning dan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung berbantuan E-Learning. Penelitian ini adalah quasi eksperiment yang digunakan rancangan one way non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Singaraja tahun ajaran 2020/2021. Terdiri dari 9 kelas, dengan total siswa sebanyak 303 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan random assignment sampling. Terdapat 4 kelas yang dipilih sebagai sampel. Empat kelas sampel yang muncul diundi kembali untuk menetapkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 137 orang yang meliputi 67 orang di kelas eksperimen pertama dan 70 orang di kelas kontrol. Data dianalisis secara deskriptif dan analysis MANCOVA satu jalur dengan menggunakan uji lanjut Beda Nyata Tekecil (LSD). Hasil penelitian: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis fenomena berbantuan E-Learning dan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung berbantuan E-Learning (F=3445,53;p<0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis fenomena berbantuan E-Learning dan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung berbantuan E-Learning (F=4792,82;p<0,05), (3) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis fenomena berbantuan E-Learning dan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung berbantuan E-Learning (F=4,07;p<0,05). Kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis fenomena berbantuan E-Learning menunjukan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar lebih baik dibandingkan kelompok siswa dengan pembelajaran langsung berbantuan E-Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis fenomena, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Kadek Dwi Arista |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 07:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 07:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9930 |
Actions (login required)
View Item |