PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Merta, I Ketut (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041047-COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041047-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041047-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan validitas dan reliabelitas instrumen penilaian Higher Order Thingking Skills (HOTS) pada muatan IPA dan instrumen motivasi belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model Djemari Mardapi terdiri dari sembilan langkah yaitu: (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) melakukan uji coba tes, (5) menganalisis butir soal tes, (6) memperbaiki tes, (7) merakit tes, (8) melaksanakan tes, dan (9) Menafsirkan hasil tes. Subjek penelitian ini adalah expert yakni dosen ahli, praktisi (guru kelas V), dan siswa kelas V untuk menilai hasil produk instrumen HOTS dan instrumen motivasi belajar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan instrumen pertama yaitu penilaian HOTS dengan mengembangkan soal sebanyak 30 butir dan instrumen kedua untuk mengukur motivasi belajar siswa sebanyak 30 butir juga. Berdasarkan hasil dari perhitungan CVR untuk kedua instrumen yaitu penilaian HOTS dan motivasi belajar dinyatakan semua butir soal valid (0,32-0,85>0,214). Selanjutnya dilakukan uji validitas empirik menggunakan rumus korelasi product moment untuk instrumen HOTS diperoleh nilai koreloasi sebesar 0,32-0,85 sedangkan pada instrument motivasi belajar diperoleh nilai korelasi sebesar 0,65-0,94>0,214 sehingga semua instrumen dapat dinyatakan valid. Nilai reliabilitas instrumen penilaian HOTS sebesar 0.918 sedangkan instrumen motivasi belajar sebesar 0,977 dengan demikian dapat dikatakan reliabilitas instrumen sangat tinggi yang dapat dijadikan contoh untuk mengukur serta mengembangkan instrument penilaian HOTS dan motivasi belajar muatan IPA kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan instrumen, HOTS, motivasi belajar, muatan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Ketut Merta
Date Deposited: 18 Feb 2022 07:06
Last Modified: 18 Feb 2022 07:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9973

Actions (login required)

View Item View Item