Sekarini, Ni Komang Ayu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SUBAK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323071016-COVER.pdf Download (831kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323071016-ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323071016-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Sekarini, Ni Komang Ayu (2025), Pengaruh Model PjBL Bermuatan Kearifan Lokal Subak Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Suja, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Muderawan, M.S. Kata Kunci: PjBL bermuatan kearifan lokal subak; kemampuan berpikir kreatif; hasil belajar IPA Penilitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penerapan model PjBL bermuatan kearifan lokal subak terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penerapan model PjBL bermuatan kearifan lokal subak terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penerapan model PjBL bermuatan kearifan lokal subak terhadap hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Denpasar berjumlah 287 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dari populasi dan diperoleh sampel sejumlah 164 siswa (4 kelas). Rancangan penelitian menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang melewati validasi ahli dan empirik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA) dengan taraf siginifikansi 5%, dengan uji asumsi: uji normalitas, uji homogenitas varian, tes homogenitas versi kovarian, tes linieritas, tes multikolinieritas, tes homogenitas kemiringan garis regresi. Untuk mengetahui besaran pengaruh yang didapatkan, setelah uji MANCOVA dilanjutkan dengan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar menggunakan model PjBL bermuatan kearifan lokal subak memiliki kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model PjBL, (2) siswa yang belajar menggunakan model PjBL bermuatan kearifan lokal subak memiliki kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model PjBL, (3) siswa yang belajar menggunakan model PjBL bermuatan kearifan lokal subak memiliki hasil belajar IPA yang lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model PjBL. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PjBL bermuatan kearifan lokal Subak berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL bermuatan kearifan lokal subak, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Sekarini |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:26 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |