Dewi, Gusti Ayu Mirah Komala (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513021065-COVER.pdf Download (272kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513021065-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021065-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021065-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513021065-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (2) mendeskripsikan hubungan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (3) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tejakula dan SMA Negeri 2 Tejakula di Kecamatan Tejakula pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 166 siswa. Sampel berjumlah 117 siswa yang ditentukan secara proportional random sampling. Data motivasi dikumpulkan dengan kuesioner motivasi belajar (reliabilitas kuesioner = 0,679), data rasa ingin tahu dikumpulkan dengan kuesioner rasa ingin tahu (reliabilitas kuesioner = 0,719), dan prestasi belajar fisika siswa dikumpulkan dengan tes objektif (reliabilitas tes = 0,976). Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana,uji regresi linier berganda dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,240. Sumbangan efektif motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa sebesar 7,21%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,220. Sumbangan efektif rasa ingin tahu dan prestasi belajar fisika siswa sebesar 12,69%, (3) terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara motivasi belajar dan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,280. Sumbangan efektif motivasi belajar dan rasa ingin tahu secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika siswa sebesar 19,90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, rasa ingin tahu, prestasi belajar fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | GUSTI AYU MIRAH KOMALA DEWI |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 05:05 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 05:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10321 |
Actions (login required)
View Item |