Pengelolaan Pembelajaran Kimia Kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tabanan

Maharani, Putu Tansa (2022) Pengelolaan Pembelajaran Kimia Kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031004-COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031004-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar kimia siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tabanan. Subjek dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, guru dan siswa menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Objek penelitian ini adalah komponen silabus dan RPP. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumen, observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Silabus dibuat secara mandiri oleh guru disesuaikan dengan standar proses. Komponen silabus yang dibuat guru memuat 6 komponen dari 9 komponen minimum standar proses. (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas X IPA dibuat sendiri oleh guru disesuaikan dengan standar proses. Beberapa komponen RPP yang belum memenuhi standar proses yaitu tata penulisan Kompetensi Dasar (KD), tujuan dan indikator pembelajaran, serta uraian materi pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pada penggunaan media pembelajaran. (4) Penilaian hasil belajar siswa mencangkup penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Namun demikian, penilaian pengetahuan dan keterampilan belum memenuhi standar penilaian. Berdasarkan hasil tersebut, perbaikan yang dapat di sarankan berfokus pada penyesuaian antara perancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dengan pelaksanaan didalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pembelajaran kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Putu Tansa Maharani
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:16
Last Modified: 23 Feb 2022 06:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item