Maharani, Putu Tansa (2022) Pengelolaan Pembelajaran Kimia Kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031004-COVER.pdf Download (835kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031004-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031004-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar kimia siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tabanan. Subjek dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, guru dan siswa menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Objek penelitian ini adalah komponen silabus dan RPP. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumen, observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Silabus dibuat secara mandiri oleh guru disesuaikan dengan standar proses. Komponen silabus yang dibuat guru memuat 6 komponen dari 9 komponen minimum standar proses. (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas X IPA dibuat sendiri oleh guru disesuaikan dengan standar proses. Beberapa komponen RPP yang belum memenuhi standar proses yaitu tata penulisan Kompetensi Dasar (KD), tujuan dan indikator pembelajaran, serta uraian materi pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pada penggunaan media pembelajaran. (4) Penilaian hasil belajar siswa mencangkup penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Namun demikian, penilaian pengetahuan dan keterampilan belum memenuhi standar penilaian. Berdasarkan hasil tersebut, perbaikan yang dapat di sarankan berfokus pada penyesuaian antara perancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dengan pelaksanaan didalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pembelajaran kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Putu Tansa Maharani |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 06:16 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 06:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10384 |
Actions (login required)
View Item |