PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERTEMA OLAHRAGA DENGAN MODEL WEBBED UNTUK SISWA KELAS VIII

Cahyana, I Made Arta (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERTEMA OLAHRAGA DENGAN MODEL WEBBED UNTUK SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071004-COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071004-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071004-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul pembelajaran IPA Terpadu bertema Olahraga dengan model Webbed untuk siswa kelas VIII yang valid dan terbaca. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, and disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah dua dosen yang ahli dalam bidangnya masing-masing, guru mata pelajaran IPA kelas VIII yang berjumlah empat orang, dan enam siswa kelas VIII. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil observasi dan kuesioner dari pakar, guru dan siswa yang didapatkan melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif, yangmana pada teknik data kuantitatif menggunakan teknik Gregory pada analisis validitas, dan pada analisis keterbacaan menggunakan kriteria penilaian skala likert 1-5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan, yaitu menggunakan tema olahraga, menggunakan langkah-langkah model pembelajaran Webbed, berisikan petunjuk penggunaan modul, materi secara runtut, uji kompetensi dan informasi tambahan seputar dunia sains sesui materi yang dibahas. Tingkat kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, dilihat dari hasil uji validitas oleh 2 (dua) orang dosen ahli Pendidikan IPA sebesar 0,91. Tingkat keterbacaan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, dilihat dari skor rata-rata penilaian oleh 4 (empat) orang guru IPA kelas VIII dan 6 (enam) orang siswa kelas VIII secara berturut-turut sebesar 4,54 dan 4,24. Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA terpadu bertema olahraga dengan model Webbed dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan dan penyebaran produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IPA Terpadu, Tema Olahraga, Model Webbed
Subjects: L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Made Arta Cahyana
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:16
Last Modified: 23 Feb 2022 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item View Item