ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Yasa, Putu Sudana (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011103-COVER.pdf

Download (794kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011103-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011103-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011103-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011103-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (i) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel dan (ii) penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel. Studi ini ialah penelitian kualitatif bertipe deskriptif. Subjek studi yaitu siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Abiansemal. Analisa data diambil dari pengumpulan data, penyajian, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukan: kesalahan menyusun rencana (43,67%), lalu kesalahan memahami soal (32,60%), selanjutnya kesalahan melaksanakan rencana (14.03%) dan terakhir kesalahan memeriksa kembali (9,68%) dari total semua kesalahan yang terjadi. Faktor penyebab dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu (1) faktor yang berasal dari diri siswa sendiri (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar (faktor eksternal). Faktor eksternal berupa keterbatasan waktu belajar di sekolah. Faktor internal diantaranya berupa (1) kurangnya kemampuan bahasa, (2) kurangnya pemahaman terhadap metode penyelesaian, (3) ketidaktelitian dalam pengerjaan, dan (4) ketergesa-gesaan dalam memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, penyebab kesalahan, SPLDV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Sudana Yasa
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:19
Last Modified: 24 Feb 2022 02:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item