Yasa, Putu Sudana (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011103-COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011103-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011103-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011103-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011103-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (i) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel dan (ii) penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel. Studi ini ialah penelitian kualitatif bertipe deskriptif. Subjek studi yaitu siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Abiansemal. Analisa data diambil dari pengumpulan data, penyajian, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukan: kesalahan menyusun rencana (43,67%), lalu kesalahan memahami soal (32,60%), selanjutnya kesalahan melaksanakan rencana (14.03%) dan terakhir kesalahan memeriksa kembali (9,68%) dari total semua kesalahan yang terjadi. Faktor penyebab dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu (1) faktor yang berasal dari diri siswa sendiri (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar (faktor eksternal). Faktor eksternal berupa keterbatasan waktu belajar di sekolah. Faktor internal diantaranya berupa (1) kurangnya kemampuan bahasa, (2) kurangnya pemahaman terhadap metode penyelesaian, (3) ketidaktelitian dalam pengerjaan, dan (4) ketergesa-gesaan dalam memeriksa kembali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Siswa, penyebab kesalahan, SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Sudana Yasa |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 02:19 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10476 |
Actions (login required)
View Item |