PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS XV KECAMATAN BULELENGTAHUN PELAJARAN 2020/2021

Aryadi, Ketut Supra (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS XV KECAMATAN BULELENGTAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031243-COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031243-ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031243-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031243-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031243-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031243-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031243-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan instrumen, menguji indikator, validitas instrumen, dan reliabilitas instrumen penilaian hasil belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan atau desain (design), tahap pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalibukbuk, SD Negeri 3 Kalibukbuk, dan SD Negeri 4 Kalibukbuk tahun pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah adalah wawancara, pencatatan dokumen, angket, dan tes. Berdasarkan metode pengumpulan data, maka instrumen yang digunakan adalah wawancara, jurnal atau agenda, lembar kuesioner atau angket, dan perangkat tes hasil belajar. Data yang terkumpul dari instrumen, dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif, analisis data deskriptif kuantitatif, produk moment, dan analisis statistik KR20. Hasil penelitian ini adalah 1) indikator untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada muatan IPA tema 7 siswa kelas V, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli IPA dengan nilai rata-rata 25,5 sehingga dikategorikan “sangat baik”, dan produk ini sudah diuji cobakan kepada siswa kelas V sebanyak 25 soal dengan hasil 18 soal valid dan 7 soal tidak valid, 3) produk ini sudah diuji reliabilitasnya yaitu 0,686 dengan kategori “reliabel tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Oleh sebab itu, instrumen ini disarankan untuk digunakan jika hendak mengukur hasil belajar IPA untuk siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian, hasil belajar, validitas, reliabilitas, IPA.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KETUT SUPRA ARYADI
Date Deposited: 24 Feb 2022 00:46
Last Modified: 24 Feb 2022 00:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item