Dewi, Ni Komang Asih Kurnia (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI ORGAN GERAK MANUSIA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 9 PADANGSAMBIAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031106-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031106-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031106-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031106-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031106-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031106-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031106-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031106-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031106-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada media dan model pembelajaran yang kurang inovatif dan variatif selama proses pembelajaran daring berlangsung, sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa khususnya pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-book berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, validasi media berdasarkan penilaian ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, uji perorangan, dan uji kelompok kecil memperoleh skor secara berturut-turut sebesar 95,00%, 93,75%, 87,50%, 83,33%, 90,50% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi produk, dapat disimpulkan bahwa media e-book berbasis discovery learning materi organ gerak manusia ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Book, Discovery Learning, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Asih Kurnia Dewi |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 03:07 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 03:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10519 |
Actions (login required)
View Item |