PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD

Supartayasa, I Ketut Rauh (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031072-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031072-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (966kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031072-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031072-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031072-LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prototipe, validitas dan respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah media komik digital berbasis tri hita karana sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu validitas dan respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale berupa lembar penilaian yang melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 2 orang praktisi untuk mengetahui validitas media komik digital berbasis tri hita karana. Untuk mengetahui respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana, dilaksanakan uji coba kelompok kecil dengan 12 orang siswa kelas V. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase skor. Berdasarkan hasil analisis data, persentase skor validitas media komik digital berbasis tri hita karana dari ahli materi sebesar 97,5%, ahli media sebesar 97,5%, dan praktisi/guru sebesar 98%. Secara keseluruhan validitas media komik digital berbasis tri hita karana yaitu sebesar 97,6 % yang berada pada rentangan skor 90-100% dan memperoleh kualifikasi sangat baik. Persentase skor dari respon siswa yaitu sebesar 96,1% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komik digital, tri hita karana, siklus air, media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Ketut Rauh Supartayasa
Date Deposited: 17 May 2022 01:15
Last Modified: 17 May 2022 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10626

Actions (login required)

View Item View Item