Supartayasa, I Ketut Rauh (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031072-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031072-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (966kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (695kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031072-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prototipe, validitas dan respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah media komik digital berbasis tri hita karana sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu validitas dan respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale berupa lembar penilaian yang melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 2 orang praktisi untuk mengetahui validitas media komik digital berbasis tri hita karana. Untuk mengetahui respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana, dilaksanakan uji coba kelompok kecil dengan 12 orang siswa kelas V. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase skor. Berdasarkan hasil analisis data, persentase skor validitas media komik digital berbasis tri hita karana dari ahli materi sebesar 97,5%, ahli media sebesar 97,5%, dan praktisi/guru sebesar 98%. Secara keseluruhan validitas media komik digital berbasis tri hita karana yaitu sebesar 97,6 % yang berada pada rentangan skor 90-100% dan memperoleh kualifikasi sangat baik. Persentase skor dari respon siswa yaitu sebesar 96,1% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut media komik digital berbasis tri hita karana pada topik siklus air kelas V SD layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital, tri hita karana, siklus air, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Rauh Supartayasa |
Date Deposited: | 17 May 2022 01:15 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10626 |
Actions (login required)
View Item |