Paramita, Gusti Ayu Putu Pradnya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI 4 GUBUG KABUPATEN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031009-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031009-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (610kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031009-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Minimnya ketersediaan media pembelajaran yang sesuai serta mampu meningkatkan minat membaca siswa khususnya pada muatan Bahasa Indonesia berdampak pada menurunnya keterampilan membaca siswa. Tujuan penelitian kali ini adalah menganalisis validitas media buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli isi, 1 orang ahli desain, 1 orang ahli media, 3 orang uji perorangan, 9 orang uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan instrumen pengumpulan data rating scale. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian validitas yang diperoleh berdasarkan penilaian subjek penelitian secara berurut sangat baik (100%), sangat baik (93,75%), sangat baik (95,00%), sangat baik (97,36%), sangat baik (94,30%), dan sangat baik (96,87%). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan media Buku Cerita layak digunakan pada siswa kelas III SD dan telah teruji mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa pada muatan Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Buku Cerita, Keterampilan Membaca. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Pradnya Paramita |
Date Deposited: | 17 May 2022 01:24 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10637 |
Actions (login required)
View Item |