Putra, I Wayan Darma (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MUATAN IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SUMITA KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031256-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031256-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031256-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (533kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031256-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031256-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031256-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031256-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031256-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031256-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Rancang Bangun E-Modul Interaktif Berbasis Karakter Peduli Lingkungan Muatan IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV Sekolah Dasar dan mengetahui hasil Validasi dari E-Modul Interaktif Berbasis Karakter Peduli Lingkungan Muatan IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV Sekolah Dasar menurut hasil review para ahli, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan (1) analyze (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan, karena tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa pada masa pandemi Covid-19. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini melibatkan 12 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar. Validasi media berdasarkan ahli isi muatan pelajaran produk ini memperoleh skor sebesar 77,08% dengan kualifikasi baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 87,50% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 98,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 96,67% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi yang diperoleh, Dapat disimpulkan bahwa media E-Modul berbasis Karakter Peduli Lingkungan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan IPS materi Sumber Daya Alam kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Karakter Peduli Lingkungan, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Darma Putra |
Date Deposited: | 17 May 2022 01:29 |
Last Modified: | 17 May 2022 01:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10639 |
Actions (login required)
View Item |